Sabtu, 06 September 2008

Sekilas Pandu Jaya

Pandu Jaya didirikan oleh Tjia Tjin Tjwan sekitar tahun 1950 an, yang terletak di jalan Jend A. Yani 37 Purwodadi - Grobogan, sampai sekarang ini. Pada waktu itu usahanya masih sebatas hasil bumi(jual beli jagung, beras, kacang hijau, gaplek (ketela yg dikeringkan), kedelai, kacang tanah, tembakau dll. Dengan lajunya jaman, kebutuhan barang makin hari makin bertambah mulai dari minyak tanah hingga karbit dari kecap hingga taoco.

Pada tahun 1970 an anaknya Tjia Eng Nio (Sutjiati) yang telah lama membantu papanya ditoko mengantikannya. Barang tokopun mulai bertambah mulai dari tepung aren, tepung trigu hingga benih hasil bumi. Sekitar tahun 1980 usahanya mulai berkembang dengan memasukkan barang kimia untuk pembuatan Cake ,roti, es, mie, ayam dan  bakso. Ditengah perjalanannya pada tahun 1986 toko Pandu Jaya mengalami musibah kebakaran. Semua barang yang ditoko habis terbakar, tetapi masih beruntung ada sedikit barang yang digudang yang masih bisa diselamatkan.

Dengan bermodalkan kepercayaan yang telah lama dipupuk Sutjiati mulai bangkit kembali. Pada tahun 1992 Sutjiati meninggalkan kami sekeluarga.

 Yang ketika itu Elwie Santosa kuliah di UKDW Yogyakarta sebagai anak tertua mengantikan mamanya. Barang- barang yang dijual mulai dikurangi terutama minyak tanah, minyak goreng curah, karbit dll, karena barang – barang tersebut sangat mengotori toko. Pada tahun 1994, Elwie Santosa dipercaya dijadikan stokis moto Sasa, tahun 1996 – 2004 dijadikan sub distributor P&G, tahun 2004 dan 2005 (hanya 3 bulan) stokis Extra Joss, tahun 2003 – 2005 Stokis product Wing untuk ritel yang mengelola 10 team sepeda motor, tahun 2006 stokis teh Dandang.

Tidak ada komentar: